Berikut Contoh Modul P5RA Fase A B dan C SD MI Kurikulum Merdeka

Berikut Contoh Modul P5RA Fase A B dan C SD MI Kurikulum Merdeka
Berikut Contoh Modul P5RA Fase A B dan C SD MI Kurikulum Merdeka

Assalamu alaikum wr wb... Senang bisa menyapa anda kembali semoga sehat dan semangat ya. Sekarang admin NomIfrod.com akan membagikan Contoh Modul P5RA Fase A B dan C SD MI Kurikulum Merdeka terbaru tahun 2024

P5RA merupakan singkatan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap nilai-nilai Pancasila dan konsep Rahmatan Lil Alamin. P5RA Sebuah ikhtiar untuk merawat tradisi dan menyemai gagasan beragama yang ramah dan moderat. Gagasan Rahmatan lil Alamin sesungguhnya adalah salah satu opsi merawat kebhinnekaan Indonesia tanpa harus mencabut tradisi dan kebudayaan yang ada.

Mengembangkan konsep agama moderat di tengah umat sangatlah penting, khususnya di Indonesia. Karena di negara ini terdapat banyak aliran dalam agama, pola pikir yang beragam, dan multi-etnis. Sebagai negara yang berlandaskan falsafah Pancasila, Pancasila dapat dipandang sebagai salah satu perwujudan dari Rahmatan lil Alamin.

Banyak nilai-nilai luhur yang ada dalam Pancasila selaras dengan ajaran agama. Agama dan Pancasila yang terbangun harmonis dalam sistem demokrasi Indonesia,terbukti dan diharapkan akan terus mampu menangkal virus radikalisme politik, agama,etnis dan lain sebagainya.

Projek adalah serangkaian kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dengan cara menelaah dan mengimplementasikan suatu tema menantang. Projek didesain agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan karya, produk, dan/atau aksi.

Dalam Profil Pelajar Pancasila terdapat beberapa dimensi dan nilai yang menunjukkan bahwa profil pelajar tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia sekaligus warga dunia yang:

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia;
  2. Berkebhinekaan global;
  3. Bergotong-royong;
  4. Mandiri;
  5. Bernalar kritis;
  6. Kreatif.

Kedudukan P5RA Merupakan dua nilai yang dalam kegiatannya menjadi satu dan penilaiannya terdeskripsikan masing-masing. Dilaksanakan di dalam Kokurikuler yang mengacu pada Dimensi Profil Pelajar Pancasila dan Nilai-nilai P5RA dapat juga dilaksanakan terintegrasi Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin memliki 9 prinsip dalam penerapannya, yaitu:

  1. Prinsip Holistik
  2. Prinsip Kontekstual
  3. Prinsip Berpusat pada PesertaDidik
  4. Prinsip Eksploratif
  5. Prinsip Kolaboratif
  6. Prinsip keberagaman
  7. Prinsip kemandirian
  8. Prinsip kebermanfaatan
  9. Prinsip Religiusitas

Adapun Langkah-langkah dalam mendesain Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin, yaitu:

  1. Membentuk tim fasilitator
  2. Mengidentifkasi tingkat kesiapan satuan Pendidikan
  3. Merancang dimensi, tema dan alokasi waktu P5RA
  4. Menyusun modul projek
  5. Merancang strategi pelaporan hasil Projek

Proyek pengembangan dilakukan untuk menguatkan profil pelajar pancasila. Proyek ini menyasar dimensi bernalar kritis melalui telaah kasus tentang HOAKS. Siswa diharapkan mampu mengembangkan dan mengoptimalkan kemampuan dirinya dalam berkomunikasi, bernegoisasi, dan persuasi dalam mengulas dan memberikan keyakinan suatu topik yang dibahas secara komprehensif dan holistik. Produk proyek yang diharapkan dapat dihasilkan diantaranya dalam bentuk infografis dan tayangan terkait bagaimana menangkal HOAKS dan poster dengan topik yang sama.

Download Modul P5RA

Kegiatan dilakukan secara berkelompok untuk menguatkan kemampuan kolaborasi, komunikasi, bernalar kritis, dan berdaya cipta secara kreatif dalam mengembangkan ide dan gagasan secara utuh.

Artikel Terkait

Catatan:

File yang kami bagikan kami simpan di google drive, jika file format word dan excel dialihkan ke aplikasi google doc maka unduh / save as dulu ya. Namun jika kesulitan, silahkan baca cara downloadnya